Resep Masakan Indonesia

Jumat, 16 Mei 2014

Gethuk Thailand


Manakan kecil khas Thailand ini mirip gethuk di Jawa. Bedanya adonan singkong diisi campuran kacang hijau kupas, gula dan kelapa. Taburan wijen sangrai memberi sedikit sentuhan gurih pada gethuk yang manis.

Bahan :
600 gram singkong, kupas potong, cuci bersih
50 gram gula pasir
3 sdm susu bubuk
2 sdm margarin cair
1/2 sdt garam
2-3 tetes pewarna makanan warna merah
1/4 butir kelapa setengah tua, parut, kukus

Isi :
150 gram kacang hijau kupas
300 gram kelapa setengah tua, kupas kulit ari, serut kasar
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam

Taburan :
3 sdm wijen putih sangrai, tumbuk
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat Gethuk Thailand :
  1. Kukus singkong hingga matang, angkat, buang seratnya. Tumbuk singkong selagi panas hingga halus dan legit. Tambahkan gula, susu bubuk, margarin dan garam, tumbuk lagi hingga rata.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian, beri pewarna merah muda pada satu bagian adonan dan satu bagian biarkan berwarna aslinya, sisihkan.
  3. Isi: Cuci kacang hijau kupas, rendam selama 30 menit, tiriskan. Kukus kacang hijau dan kelapa serut secara terpisah hingga kacang hijau empuk  (kurang lebih 15 menit), angkat. Campur kacang hijau, kelapa serut, gula dan garam menjadi satu, aduk rata.
  4. Ambil satu bagian adonan singkong tumbuk, gilas di antara 2 lembar plastik hingga setebal 1/2 cm. Cetak dengan cetakan bundar berdiameter 8 cm. Taruh 1  sdt adonan isi di tengahnya.
  5. Lipat adonan hingga berbentuk setengah lingkaran, lalu tekan sedikit pinggirnya agar isi tidak keluar. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Sajikan di atas piring saji dengan pelengkap kelapa parut dan wijen sangrai. Atau, gulingkan kue ke dalam kelapa parut yang sudah dicampur garam, atur di atas wadah/piring saji, taburi wijen sangrai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar